Senin, 21 Juni 2010

Perencanaan kunci sukses

Saya bertemu dengan teman teman mahasiswa yang mengeluhkan sulitnya membuat skripsi.
mereka membuat bahan skripsi setelah bab tersebut disetujui dosen pembimbing. Bahkan ada yang baru membuat judulnya saja lalu bolak balik menemui dosen pembimbing untuk disetujui agar dapat membuat bab selanjutnya, jika belum di setujui maka tidak dapat membuat bab selanjutnya kata mereka.

Memang kelihatannya seperti sangat sulit dan repot harus bolak balik dan jika kita tanya jawabnya seakan sudah klise yah memang seperti itu ...?
dari pembicaraan itu saya mengajukan sebuah pertanyaan, kriteria sebenarnya apa sih yang dosen setujui..? lalu mereka menjawab yah bahan dan isi dari skripsi itu harus sesuai dengan ketentuan keilmuan yang berlaku.

Dari jawaban tersebut kita dapat menganalisa bahwa dosen hanya memeriksa sesuai dasar keilmuan yang ada, tetapi tidak merubah konsep dasar dari hasil penelitian kita.
Lalu saya mengajukan satu usulan kenapa kamu tidak membuat saja dulu semua bab yang dapat kamu selesaikan sambil menunggu kesempatan menemui dosen pembimbing, jika nanti bab yang kita buat dikoreksi atau salah paling paling kita buat lagi tapi yang penting kita sudah punya bahan dan tinggal di edit sehingga waktu kita mengajukan bimbingan kita sudah siap dengan bab bab yang lain, jadi satu kali pertemuan mungkin bisa mengajukan beberapa bab dengan syarat itu tadi jika bab yang kita ajukan sudah disetujui....

Lalu bagaimana jika bab yang kita buat salah dan harus diulang lagi...?
Selaku mahasiswa kita harus berpikir positif, karena memang ada nilai positif yang sangat besar dibaliknya.
Membuat kembali dan tentunya anda pasti mendapat keuntungan yang lain, semakin sering bahan tersebut kita buat dan kita ulas semakin matang anda.
Jangan lupa semakin matang kita dengan materi yang kita buat semakin mulus jalan dipersidangan nanti.....
Sesuai pepatah berakit rakit kehulu berenang renang ketepian...bersusah payah dahulu bersenang senang kemudian...
Buanglah rasa malas nikmatilah prosesnya dan anda akan mendapatkan kesuksesan...
Sukses selalu untuk anda.....!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar