Rabu, 23 Juni 2010

Sukses dalam Matematika masih sulit kah..?

Pengalaman ku sewaktu masih duduk di bangku SMA, suatu hari hari yang menyenangkan meskipun hari itu akan hilang begitu menjumpai mata pelajaran Matematika, ha..ha..ha..
Pelajaran Matematika adalah salah satu Mata pelajaran mengotak- atik angka angka yang menjadi momok bagi sebagian siswa, tetapi benarkah Matematika sedemikian angkernya.....? apa tidak ada sesuatu yang lain didalamnya...? sebagian siswa bilang ya, tetapi hanya sedikit yang bilang tidak sungguh sangat memprihatinkan...
Saya pun saat itu mempunyai anggapan yang sama seperti kebanyakan orang, sungguh menyiksa.....

Sampai suatu saat secara tidak sengaja saya membaca sebuah buku tentang motivasi entah judulnya saya sudah lupa, buku itu mengajarkan bila mendapat kesulitan
akan suatu masalah janganlah pergi berlari atau menjauh dari masalah , tetapi cobalah bersahabat dan mendekat dengan masalah itu, berpikirlah secara objektif, analisa dan uraikan bagaimana bentuk dari permasalahan itu dan konsultasikan dengan orang yang mengerti dengan masalah yang kita hadapi.

Mata pelajaran Matematika memang membutuhkan suatu pemikiran dan latihan yang rajin agar kita sukses dalam menghadapinya.
setelah lama saya mempelajarinya dan berkonsultasi dengan beberapa guru yang menguasai masalah ini akhirnya saya mendapat beberapa kesimpulan:

1. Pelajaran ini memerlukan pemikiran secara logika karena nyata sifatnya.
2. Perlu menguasai analisa dan pemahaman dari konsepnya kerjanya.
3. Perlu banyak berlatih mengerjakan soal soal dan menganalisa dari soal soal yang sudah kita jawab.

Setelah mendapatkan masukan dan banyak berlatih akhirnya saya banyak mengalami kemajuan yang cukup berarti dalam mata pelajaran Matematika ini.
Satu hal yang sangat saya senangi adalah tidak stress lagi menghadapinya, malah mendapat suatu yang tidakpernah saya pikirkan sebelumnya yaitu kesenangan dalam memecahkan semua persoalan yang didalam Matematika.

Satu pesan untuk Teman teman semua adalah janganlah kita menjauh atau melarikan diri dari masalah karena kita tidak akan dapat menyelesaikannya,tetapi hadapilah
ikuti semua prosesnya konsultasikan kepada yang ahli, maka anda akan dapat menyelesaikannya dan mendapat suatu pengalaman yang berharga.
Demikianlah pengalaman yang dapat saya bagikan buat teman teman sekalian semoga bermanfaat.

Salam Sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar